Review dari Jadwaltelevisi.com


Submitted by Admin on 16 Dec 2017

MAGIC COOKING, Bukan Masak Biasa Ala Richard Rain.

Pada abad 90-an, jauh dimana sebelum kuliner menjadi salah satu bagian dari pola hidup seperti sekarang ini, banyak program acara Televisi tentang masak memasak sudah tayang di berbagai stasiun televisi. Memang tidak sebanyak sekarang, namun diantara segelintir jadwal acara TV tersebut mampu bertahan hingga bertahun-yahun lamanya dalam menghibur para penikmat televisi di Indonesia. Ketika itu sosok presenter program acara memasak tidak selalu berlabel koki artis atau celebrity chef namun mereka lebih suka jika dikenal sebagai manusia biasa yang gemar berbagi resep lezat dan gemar memasak melalui program yang diasuhnya.

Semakin hari program acara TV memasak ini makin banyak penggemarnya sehingga stasiun televisi mulai berlomba-lomba membuat program acara sejenis yang dikemas dengan berbagai variasi tayangan sehingga para penonton tidak merasa bosan dengan setting studio yang terkesan monoton. Ada program acara yang memadukan wisata sambil kuliner, ada yang memadukan mengambil bahan dari sumbernya langsung untuk segera diolah, dan lainnya.

Seperti Magic Cooking oleh Trans TV yang menyajikan konsep program acara memasak berbeda dari yang lain, menyajikan kombinasi menarik antara memasak sambil melakukan trik-trik sulap. Mungkin sebagian pemirsa layar kaca akan bertanya-tanya bagaimana bisa memasak dipadukan dengan acara sulap? Siapa bilang pula jika sulap hanya dapat dilakukan di atas panggung pertunjukkan saja? Nyatanya dalam program acara Magic Cooking Trans TV ini sulap juga dapat dimainkan sambil melakukan aktivitas yang lain. Dipresenteri oleh salah satu alumni program acara The Master Season 1, Richard Rain, mencoba mengkombinasikan dua hal yang dianggap berbeda dan bertolak belakang menjadi sebuah pertunjukkan yang bisa dinikmati oleh pemirsa layar kaca.

Acara TV ini tentu dapat memberikan warna yang baru dalam dunia seni sulap maupun dalam dunia masak memasak dan dilakukan sendiri oleh si pembawa acara. Acara televisi yang tayang pada setiap hari Sabtu pukul 14.30-15.00 WIB (EDITED: KINI PUKUL 07.00 WIB PAGI) ini berjalan sangat menarik terbukti dengan banyaknya peminat setiap tayang. Bila sulap biasanya dilakukan oleh bartender di bar, kini sang koki atau si juru masak juga dapat memasak sambil melakukan sulap dimana sang pesulap sekaligus sang juru masak memperlihatkan keterampilannya dalam memasak dengan dibumbui aksi serta trik sulap yang mengejutkan.

Sebagai contoh salah satu episodenya adalah saat Richard Rain kehabisan salah satu bahan baku untuk dimasukkan dalam masakannya, pesulap sekaligus presenter tersebut mengambil sebuah kantung yang kosong dan tiba-tiba bahan yang dibutuhkan muncul di dalam kantung. Tidak hanya itu saja, saat akan menambahkan garam dan gula pun sang koki dan pesulap ini bisa memunculkan secara menakjubkan keduanya dari dalam tangannya. Selain memasak, presenter Richard Rain beberapa kali juga melakukan berbagai aksi street magic yang menjadi ciri khas banyak acara-acara sulap di stasiun televisi lainnya.

Richard Rain akan mencari secara acak seorang penonton baik yang tengah bersantai atau sedang berada di tempat lain, lalu Richard Rain akan mengajak penonton terpilih untuk bermain sulap sambil menikmati makanan yang dimasak bersama sang pesulap. Selain itu pemirsa televisi yang gemar memasak juga akan memperoleh tips-tips seputar dunia masak memasak dan tentu saja resep-resep yang lezat dari sang pesulap sekaligus presenter, Richard Rain.

Richard Rain sendiri adalah salah seorang seniman dalam dunia sulap Indonesia dimana dia mulai menjalani karirnya sebagai pesulap profesional sejak tahun 2009. Pria alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini sebelumnya bekerja sebagai salah satu seorang profesional di sebuah bank swasta pada tahun 2001. Richard Rain juga dijuluki The Charming Hallucionist ini tertarik pada dunia sulap sejak duduk di kelas 2 SD sehingga Richard Rain seringkali menggunakan uang jajan dari orang tuanya untuk membeli berbagai buku dan peralatan sulap untuk dipelajari. Dia mempelajari sulap secara otodidak dengan membaca buku sambil mempraktikkan apa yang telah dipelajari karena kegemarannya terhadap dunia sulap tidak mendapat restu dari orang tua Richard Rain sehingga mau tak mau keinginannya untuk sementara waktu sebagai pesulap harus ditahan.

Tujuan utama Richard Rain sebagai pesulap yang dapat menghibur semua orang terutama anak-anak rupanya dapat disalurkan melalui acara Magic Cooking Trans TV buktinya setiap penonton pada acara ini selalu menunjukkan rasa ketertarikan dan disambut hangat. Tim kreatif Magic Cooking rupanya harus ekstra keras mengemas acara ini menjadi tontonan yang edukatif dan menarik dan sayangnya semakin hari acara sulap yang ditampilkan oleh Richard Rain mulai mengarah ke program sejenis dengan tema hipnotis menghipnotis.(?)

Lalu bagaimana soal rasa masakan Richard Rain? berbicara mengenai rasa masakan yang telah diproses oleh sang pesulap, para pemirsa dapat mencobanya sendiri di rumah. Persis dengan cara yang dilakukan oleh Richard Rain, apakah enak atau tidak itu semua tergantung dari olahan tangan masing-masing pemirsa. Hal itu karena racikan dari tiap tangan manusia berbeda-beda dan tentu saja hasilnya ikut berbeda pula. Dari segi hiburan, Magic Cooking ini dapat memberikan hiburan yang menarik dengan menghadirkan beberapa bintang tamu terkenal seperti Talita dan Ustadz Maulana.

Dari segi edukatif dan informasi rasanya tayangan ini tidak terlalu berbeda dalam memberikan wawasan dalam dunia memasak, bahkan acara memasak era 90-an mungkin lebih banyak memberikan informasi yang lebih dalam. Namun nilai tayangan ini tergantung pemirsa, ingin mengambil sisi hiburannya saja atau sisi informasinya saja atau sisi keduanya semuanya terserah pemirsa karena rating acara Magic Cooking tergantung minat penonton televisi.

Last edited 30 January 2015

Sumber:

http://www.jadwaltelevisi.com/info/jadwal-tv-magic-cooking-di-trans-tv